Banjir Gorontalo | Aktivis Kota Utara Siap Galang Dana untuk Korban Banjir

Banjir Gorontalo | Aktivis Kota Utara Bersiap Menggalang Bantuan Korban Banjir
#AktivisKotaUtaraPeduli
| Sumber foto : antaranews.com, Akun Fb Vegri Sangkoi, Vani Mohi. 

Hujan deras melanda Gorontalo sejak Jumat siang (2/6). Akibatnya beberapa wilayah terendam banjir.

Dilansir dari antaragorontalo.com, ratusan rumah di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, terendam banjir akibat air kiriman dari sungai Bulango dan Bone, Sabtu (3/6).

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Gorontalo mencatat di Kelurahan Siendeng menjadi yang terparah. Ketinggian banjir di sana mencapai satu meter, sehingga mengakibatkan rumah warga terendam air.

"Jumlah rumah di Siendeng sekitar 200 rumah yang terendam. Namun warga memilih tidak mengungsi, karena mereka tak mau meningalkan rumahnya," kata Kepala BPBD Kota Gorontalo, Rustam Rahman.

Selain Kelurahan Siendeng, banjir juga merendam sebagian rumah di Kelurahan Tenda, Botu, Tuladenggi, Pilolodaa, dan Sipatana.

Beruntung tak ada korban jiwa. Namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah akibat barang-barang warga yang rusak terendam air.

Menanggapi bencana banjir tersebut, sejumlah elemen di Kota Gorontalo yang menamai #AktivisKotaUtaraPeduli ini tergerak melakukan persiapan terkait penggalangan dana bantuan untuk korban banjir yang terjadi disejumlah Kecamatan yang terkena banjir.
Banjir Gorontalo | Aktivis Kota Utara Bersiap Menggalang Bantuan Korban Banjir
#AktivisKotaUtaraPeduli Kelurahan Dulomo Selatan
Banjir Gorontalo | Aktivis Kota Utara Bersiap Menggalang Bantuan Korban Banjir
#AktivisKotaUtaraPeduli Kelurahan Wongkaditi Timur
#AktivisKotaUtaraPeduli Kelurahan Dembe Jaya

Gerakan ini bermula dari usul 2 Tokoh asal Kelurahan Dembe Jaya, yaitu Fanier Doda selaku Lurah Dembe Jaya dan tokoh pemuda yang memiliki akun Facebook Vegry Sangkoi. Atas Inisiatif keduanya, mereka segera menghubungi pengurus LPM dan Karang Taruna diwilayah Kota Utara.

"Saya merasa terpanggil degan keadaan di Kota Gorontalo yang terkena musibah banjir, karenanya saya mengajak teman-teman aktivis Kota Utara dan di Apresiasi langsung oleh Lurah Dembe Jaya, bahkan DPC LPM Kota Gorontalo melalui Halim Harun selaku sekertaris langsung memberikan dukungan penuh dan kemudian Lurah-lurah seKota Utara pun ikut mengapresiasi gerakan ini" kata Vegry.

Disamping itu Fanier Nanda Doda, S.IP Lurah Dembe Jaya melalui wawancara saprinmantalli.com mengatakan, unsur yang terdiri dari pengurus LPM dan Karang Taruna se Kota Utara berkumpul di kantor lurah Dembe Jaya dalam rangka menyiapkan atribut yang dibutuhkan dalam proses penggalangan dana besok hari, bahkan beberapa orang sudah mulai menyumbangkan dana bantuannya.

Banjir Gorontalo | Aktivis Kota Utara Bersiap Menggalang Bantuan Korban Banjir
Kel. Dulomo Selatan dan Dembe Jaya sudah mulai bergerak,
diawali sumbangan dari Lurah-lurah dan LPM
"Malam tadi, saya kase usul dan semua tergerak untuk Kota Utara. Kemudian mereka berkumpul dikantor lurah Dembe Jaya membuat surat permohonan dan depe kotak sumbangan. Untuk donasi yang terkumpul nantinya akan langsung diserahkan ke posko bencana yang berlokasi dikantor Walikota Gorontalo." Ujar Fanier.

Banjir di Kota Gorontalo merendam rumah warga setelah hujan turun dengan intensitas sedang turun berjam-jam, ditambah luapan dua sungai, maka ratusan rumah warga terendam.

Setelah shalat tarwaih pada Jumat (2/6) rumah warga mulai digenangi air. Hingga waktu sahur, air masih menggenangi rumah warga.

Menurut informasi yang kami pantau dari antaranews.com banjir Gorontalo juga meredam 3 Kabupaten lainya (Kabupaten Gorontalo, Boalemo dan Bone Bolango)

Kabupaten Boalemo merendam dua desa, Kabupaten Gorontalo tujuh desa, dan Bone Bolango sebanyak lima desa.

Untuk wilayah di Kabupaten Gorontalo terendam setinggi 50 cm hingga 2 meter. seperti terjadi di Kelurahan Tenilo, Kecamatan Limboto, Desa Haya-haya, Desa Padengo, Yosonegoro dan Pone, Kecamatan Limboto Barat. Air juga menggenangi Desa Balahu dan Isimu utara, Kecamatan Tibawa.

Banjir di  Kabupaten Boalemo merendam Kecamatan Wonosari yaitu Desa Mekarjaya dan Desa Harapan.

Di Kabupaten Bone Bolango, banjir melanda Kecamatan Bulango Utara, yakni Desa Kopi Desa Boidu, Desa Tupa, Desa Tuloa dan Desa Sukadamai.

Selain merendam rumah warga, banjir juga melanda beberapa fasilitas pemerintah dan tempat ibadah, kata petugas Posko Penanggulangan Bencana Dinas Sosial Provinsi Gorontalo, Sucipto.

Hingga saat ini (pukul 01.00 dini hari) saya membuat tulisan ini, hujan deras masih terus mengguyur semua wilayah di Gorontalo.

Semoga saja Allah SWT melindungi dari musibah besar dan bagi para korban yang terkena banjir semoga mereka tetap dalam lindungan Allah. Amiin



*** KOTAK PEDULI KORBAN BANJIR GORONTALO ***
KOTAK PEDULI KORBAN BANJIR GORONTALO

Bagi Anda Dermawan / Dermawati, saya selaku Founder saprinmantali.com mengajak kepada kita sekalian dimanapun anda berada, untuk dapat menyumbangkan sebagian rezeki anda untuk korban banjir di Provinsi Gorontalo.

Anda dapat menyalurkan donasi bantuan melalui rekening kotak peduli banjir Gorontalo saprinmantali.com:
Bank Mandiri a/n  : Saprin Mantali
Nomor Rekening  : 150-0-00792428-3

Bantuan anda akan langsung kami salurkan melalui pusat posko bantuan di masing-masing daerah diwilayah yang terkena bencana banjir.

Selanjutnya update saldo bantuan yang terhimpun dan penyaluran dana akan kami publish secara transparan melalui web ini.

Info selanjutnya dapat menghubungi kami melalui :
Telpon & WA/SMS. 0821-9329-2135

Format pengiriman WA/SMS :
Ketik #PeduliKorbanBanjirGorontalo (spasi) NAMA (spasi) ASAL ANDA (spasi) JUMLAH DONASI kirim ke 0821-9329-2135

Korban yang harus mengungsi membutuhkan bantuan darurat untuk makanan, pengobatan, alat kesehatan, dan kebutuhan lainnya.

Saatnya KITA turun tangan membantu saudara kita.

Bagikan ke teman

Related Posts

Previous
Next Post »